konten halaman Jabatan saya konten halaman Berita
NEWS UPDATE :  

Berita

MAN 6 JOMBANG JAWA TIMUR KREATIVE BELAJAR SAAT PANDEMI COVID-19

       Pada saat situasi dan kondisi yang sering berubah sekarang ini banyak sekali pengaruhnya terhadap kestabilan belajar siswa. Tidak hanya membuat bingung siswa dan orang tuanya tetapi  para guru yang berkwajiban untuk mengajar meskipun wabah covid-19 masih berlangsung. Oleh karena itu MAN 6 Jombang, madrasah yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini selama masa pandemi covid-19 pembelajarannya dilaksanakan dengan berpedoman pada panduan kurikulum darurat yang diterbitkan oleh Kemenag RI dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, keamanan, keselamatan dan pembelajaran bermutu yang sudah dilaksanakan sekarang ini. Pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan jaringan aplikasi E-Learning dengan alamat http://sisma.ddns.net:8094/.

         Aktifitas pembelajaran Madrasah pada saat pandemi covid-19 berpedoman pada kalender pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Agama, yaitu kalender pendidikan tahun Pelajaran 2019/2020 yang akan berakhir tanggal 20 juni 2020 dan Kalender pendidikan 2020/2021 yang akan dimulai pada tanggal 13 juli 2020.

            Kini semakin banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara belajar di rumah yang mudah diterima dan difahami oleh siswa meski pun ada di rumah. Para Pendidik MAN 6 Jombang berkomitmen untuk memberikan good service pada anak didik dan berusaha untuk memaksimalkan keprofesionalannya demi keberhasilan anak didiknya., meskipun dari jarak yang jauh dengan memaksimalkan media internet atau online, semua itu bisa berhasil berkat bimbingan Fahmie Amrullah sebagai Kepala Madrasah. Berbagai media pembelajaran jara jauhpun dicoba dan digunakan. Antara lain aplikasi E-Learning, Zoom, google classroom, youtube serta whatsapp. Sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas. Dengan menggunakan media online tersebut maka secara tidak langsung kemampuan mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa dan guru. Setelah mampu menguasai pembelajaran online, maka akan terciptalah pemikiran untuk mengembangkan metode dan model pembelajaran yang bervariasi yang belum pernah dilakukan oleh pendidik sebelumnya. Misalnya guru membuat konten video creative  yang bersifat persuasive sebagai bahan pengajaran, karena hal itu membuat siswa tertarik dan memahami materi yang dijelaskan guru melalui video. Pada akhirnya mereka juga belajar membuat video untuk menyerahkan tugas mereka kepada guru yang tentunya dibantu oleh orang tua siswa.

      Disamping itu dengan belajar dirumah para orang tua mudah memonitoring secara langsung perkembangan belajar putra putrinya. Oleh karena itu peran guru dan orang tua begitu mendasar dalam mendukung proses anak belajar dirumah. Keduanya mestinya membangun kolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar anak di rumah.

Banner
Simpen